Contoh RPP bahasa Inggris Lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                         : SMP Negeri 1 Pertiwi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Topik                  : Lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
Kelas/ Semester : IX/ 2
Alokasi Waktu              : 2 X 40 menit

A.    Kompetensi Inti (KI) :
KI.1    :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, t  anggungjawab, peduli  (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3    : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4     :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  
B.     Kompetensi Dasar
    C.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK
     3.11 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur
     kebahasaan dalam lirik lagu terkait
      kehidupan remaja SMP/MTs
3.11.1 Menafsirkan fungsi sosial  dalam  lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs (Perfect oleh Simple Plan)
3.11.2 Menyimpulkan fungsi sosial  dalam  lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs (Perfect oleh Simple Plan)
3.11.3 Menganalisa penggunaan tenses dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja (Perfect oleh Simple Plan)
3.11.4 Mengkritik penggunaan tenses dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja (Perfect oleh Simple Plan)
3.11.5 Menganalisa penggunaan kosa kata dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja (Perfect oleh Simple Plan)
3.11.6 Memberi pertimbangan penggunaan kosa kata dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja (Perfect oleh Simple Plan)
     4.11 Menangkap makna secara kontekstual
     terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.11.1 Menceritakan kembali pengalaman pribadi terkait dengan nilai-nilai yang terdapat dalam lirik lagu kehidupan remaja SMP/MTs. (Perfect oleh Simple Plan)
4.11.2 Menceritakan kembali pengalaman pribadi menggunakan kosa kata dan tesnses sesuai dengan unsur kebahasaan terkait lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs. (Perfect oleh Simple Plan)


D.    Tujuan pembelajaran:
·         Pada akhir pembelajaran, siswa mampu menafsirkan dan menangkap makna fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs dengan baik dan benar.
E.     Materi
·         Song, Perfect oleh Simple Plan.

F.     Metode
·         Pendekatan                 : GBA
·         Metode                        : Think Pair Share  dan opinion gap.

G.    Media
·         Laptop
·         LCD Proyektor
·         Teks soal (rumpang)


H.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan:
·         Mengucapkan salam dan menanyakan kabar serta mengabsen peserta didi.
·         Menanyakan materi sebelumnya pada peserta didik.
·         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari
·         Menanyakan lagu bahasa inggris kesukaan peserta didik (Brain storming).
·         Memperdengarkan lagu perfect oleh Simple Plan menggunakan media yang tersedia.
·         Mengelompokkan peserta didik menjadi sepuluh kelompok secara hitrogen.

2.      Kegiatan Inti
Fase 1:
·         Guru memberi print-out lirik lagu Perfect kepada peserta didik (Lihat pada lampiran).
·         Peserta didik mengamati lirik lagu perfect.
·         Peserta didik mengidentifikan fungsi sosial, unsur kebahasaan meliputi kosa kata, penggunaan tenses dan intonasi, serta pesan moral yang terdapat dalam lagu perfect.
Fase 2:
·         Peserta didik dikelompokkan menjadi lima kelompok beranggotakan enam peserta didik.
·         Peserta didik berbagi pendapat tentang hasil analisa lagu yang diperoleh dari kelompok sebelumnya berkaitan dengan mengidentifikan fungsi sosial, unsur kebahasaan meliputi kosa kata, penggunaan tenses dan intonasi, serta pesan moral yang terdapat dalam lagu perfect.
·         Peserta didik membandingkan pendapat berkaitan dengan lirik lagu perfect yang diperoleh dari kelompok sebelumnya dengan menyampaikan pertanyaan, persetujuan ataupun ketidak-setujuan, serta tambahan.
Fase 3:
·         Peserta didik kepada kelompok sebelumnya.
·         Peserta didik membuat recount text yang berisi nilai-nilai sosial yang didapat dari lirik lagu perfect.
·         Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaan kepada guru


3.      Penutup
·         Guru memberikan evaluasi aktifitas pembelajaran
·         Memberikan kesempatan peserta didik untuk menyampaikan pertanyaan dan tanggapan berkaitan dengan materi pembelajaran ataupun aktifitas pembelajaran.
·         Memberi pengenalan akan materi pembelajaran di pertemuan yang akan datang.



I.       Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
·      Penilaian Pengetahuan
·      Penilaian Keterampilan




Malang, 14 Novemeber 2017
Disetujui oleh
Isntruktur Guru Kelas



Fulan S.Pd., M.Pd.



   
LAMPIRAN I

A.    Kompetensi pengetahuan
Teknik penilaian           : Tes tertulis
Bentuk instrument        : Membuat list tenses yang digunakan dalam lirik lagu serta  menafsirkan penggunaanya.
1.      Kisi-kisi:
   No.
Indikator Soal
Teknik
Bentuk
Instrument
1.
     Peserta didik diberi teks rumpang lirik lagu Perfect oleh Simple Plan. Kemudian, peserta didik mampu mengisi lirik yang rumpang dengan kata sesuai dengan yang didengar dan mampu memahami makna kata yang digunakan untuk mengisi lirik rumpang sesuai konteks lagu Perfect oleh Simple Plan .
Tes tertulis
    Lirik rumpang dan table analisa kata
     a. Fill in the blanks with the appropriate words.
     b. Write down the words that you use to fill the blanks and interpret the meaning.


2.      Instruments:
a.       Listen to the song carefully and Fill in the blanks with the appropriate words.

Simple Plan Lyrics
"Perfect"
Hey dad (1)… me
Think back and (2)… me
Did I grow up according to (3)...?
And do you think I'm wasting my time doing things I wanna do?
But it (4)… when you (5)… all along

And now I try hard to make it
I just wanna make you (6)…
I'm (7)… gonna be good enough for you
Can't pretend that
I'm alright
And you can't (8)… me

'Cause we lost it all
Nothing lasts (9)…
I'm sorry
I can't be (10)…
Now it's just too late and
We (11)… go back
I'm sorry
I can't be perfect

I try not to (12)…
About the (13)… I feel inside
Did you know you used to be my (14)…?
All the days you (15)… with me
Now seem so far away
And it feels like you don't (16)… anymore

And now I try (17)… to make it
I just wanna make you proud
I'm never gonna be good enough for you
I can't stand another (18)…
And nothing's alright

'Cause we lost it all
Nothing lasts forever
I'm sorry
I can't be perfect
Now it's just too late and
We can't go back
I'm sorry
I can't be perfect

Nothing's gonna change  the (19)… that you said
Nothing's gonna make this right again (right again)
Please don't (20)… your back
I can't (21)… it's hard
Just to talk to (22)…
But you don't (23)… (you don't understand)

'Cause we lost it all
Nothing lasts forever
I'm sorry
I can't be perfect
Now it's just too late and
We can't go (24)…
I'm sorry
I can't be perfect

'Cause we lost it all
Nothing lasts forever
I'm sorry
I can't be perfect
Now it's just too late and
We can't go back
I'm (25)…
I can't be perfect


b.      Fill the following table with the words you use to fill the blank space in the song lyric.
    No
Words
Meaning based on the context
     1


      2


     3


     4


     5


     6


      7


     8


     9


     10


     11


     12


     13


     14


     15


     16


    17


    18


    19


     20


    21


     22


     23


     24


    25







3.      Kunci Jawaban
a.       Listen to the song carefully and Fill in the blanks with the appropriate words.

Simple Plan Lyrics
"Perfect"
Hey dad (1)look at me
Think back and (2)talk to me
Did I grow up according to (3)plan?
And do you think I'm wasting my time doing things I wanna do?
But it (4)hurts when you (5)disapproved all along

And now I try hard to make it
I just wanna make you (6)proud
I'm (7)never gonna be good enough for you
Can't pretend that
I'm alright
And you can't (8)change me

'Cause we lost it all
Nothing lasts (9)forever
I'm sorry
I can't be (10)perfect
Now it's just too late and
We (11)can’t go back
I'm sorry
I can't be perfect

I try not to (12)think
About the (13)pain I feel inside
Did you know you used to be my (14)hero?
All the days you (15)spent with me
Now seem so far away
And it feels like you don't (16)care anymore

And now I try (17)hard to make it
I just wanna make you proud
I'm never gonna be good enough for you
I can't stand another (18)fight
And nothing's alright

'Cause we lost it all
Nothing lasts forever
I'm sorry
I can't be perfect
Now it's just too late and
We can't go back
I'm sorry
I can't be perfect

Nothing's gonna (19)change the things that you said
Nothing's gonna make this right again (right again)
Please don't (20)turn your back
I can't (21)believe it's hard
Just to (22)talk to you
But you don't (23)understand

'Cause we lost it all
Nothing lasts forever
I'm sorry
I can't be perfect
Now it's just too late and
We can't go (24)back
I'm sorry
I can't be perfect

'Cause we lost it all
Nothing lasts forever
I'm sorry
I can't be perfect
Now it's just too late and
We can't go back
I'm (25)sorry
I can't be perfect


b.      Fill the following table with the words you use to fill the blank space in the song lyric.
       
     No
Words
Meaning based on the context
     1
     Look at
     To turn your eyes towards someone or something
     2
     Talk
     To say things to someone
     3
     Plan
     A detailed proposal for doing or achieving something
     4
     Hurts
     To feel pain
     5
     Disapproved
     To express an unfavorable opinion
     6
     Proud
     Feeling pleased about something
     7
     Never
      At no time in the past or future
     8
     Change
     To become different or make something different
    9
      Forever
      Fall all future time
     10
     Perfect
      The best of its kind
     11
     Can’t
      Cannot; inability to do something
     12
     Think
      To use your mind to decide about something
     13
     Pain
      Highly unpleasant physical sensation
    14
     Hero
      A man who is admired very much for a particular skill
     15
     Spent
      To use time doing a particular thing
    16
     Care
     The provision of what is necessary for the health, welfare, maintenance, and protection of someone.
    17
     Hard
     Difficult to do
     18
    Fight
     To take a part in violent struggle
     19
     Things
     An idea, action, feeling, or fact that someone thinks, says, does,  or talks about
    20
     Turn
     To move or cause to move in a circular direction
     21
     Believe
     To be sure that something is true
     22
    You
     Used to refer to person or people that the speaker addressing (singer’s daddy)
     23
     Understand
     To know the meaning of what someone is telling you
     24
     Back
     The opposite direction from the one that one is facing
    25
     Sorry
     Used to tell someone that you wish you had not done a particular thing





B.     Kompetensi Keterampilan
Fase 1
Teknik penilaian           : Lisan
Bentuk Instrumen         : Opinion gap; Memaparkan pendapat terhadap grup lain tentang hasil analisa lagu.

1.       Rubrik penilaian (Berbicara)
     No.
     Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
     1.
     Pengucapan 
     Hampir sempurna
91-100
     Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
81-90
     Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
71-80
     Banyak kesalahan dan mengganggu makna
61-70
     Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
51-60
     2.
      Intonasi  
     Hampir sempurna
91-100
       Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
81-90
      Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
71-80
    Banyak kesalahan dan mengganggu makna
61-70
     Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
51-60
     3
      Kelancaran
     Sangat lancar
91-100
     Lancar
81-90
     Kurang lancar
71-80
      Tidak lancar
61-70
    4
      Ketepatan makna
     Sangat tepat
91-100
     Tepat
81-90
     Cukup tepat
71-80
     Kurang tepat
61-70
     Tidak tepat
51-60

2.      Sistematika penilaian:



Fase 2
Teknik penilaian            : Tulis
Bentuk instrumen         : Menceritakan kembali pengalaman hidup yang berhubungan dengan makna dari lirik lagu.

1.      Rubrik penilaian (Teks tulis)
No
Aspects
Score
Descriptors
1
Retorikal
1
     Tidak terstruktur dan sulit dipahami
2
     Pilihan teks tidak jelas
3
     Berstruktur minimal sesuai jenis teks Recount
4
     Berstruktur sesuai jenis teks Recount secara maksimal
2
Struktur
1
     Sulit dimengerti
2
     Kurang tepat dan mempengaruhi arti
3
     Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
4
      Benar dan tepat
3
Kosa kata
1
     Sulit dimengerti
2
     Kurang tepat dan mempengaruhi arti
3
     Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
4  
     Benar dan tepat
4
Ide
1  
      Kurang jelas
2
     Jelas tapi tidak efektif
3
     Cukup jelas dan efektif
4
     Sangat jelas dan sangat efektif
5
Koherensi
1
      Tidak jelas
2
      Kurang jelas
3
     Cukup jelas
4
      Sangat jelas

2.      Sistematika penilaian
Nilai =  x 100

C.    Format Penilaian Individu
Nama kegiatan
……………………….
Tanggal Pelaksanaan
……………………….
Nama
……………………….
NIS
……………………….
   
     No
     Aspek yang dinilai   
     Nilai
                     Sikap (attitude)
     1
      Ingin tahu

     2
      Percaya diri

     3
      Jujur




                  Prilaku (action)
     1  
      Kerja sama

     2  
      Melakukan tindak komunikasi yang tepat




     Pengetahuan (knowledge)
     1
      Pengucapan

     2
      Kelancaran

     3
       Intonasi




     Total

     Rata-rata


Comments

Post a Comment